Bisnis Pertanian Kreatif Bagi Generasi Muda

- Penulis

Sabtu, 22 Juli 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Indonesia adalah negara maritim dan agraris,disebut negara maritim karena luas lautan yang sangat besar dan sejarah  nenek moyang kita yang berprofesi sebagai pelaut,banyak kisah tertulis tentang jiwa ksatria leluhur kita dalam menaklukkan lautan,ini terbukti di dalam relief candi borobudur yang menggambarkan kapal layar.

Indonesia juga dikenal dengan negara agraris karena hamparan lahan sawah yang sangat luas seiring mata memandang,bahkan pekerjaan rakyat indonesia dulu juga mayoritas bidang agraris yakni pertanian,peternakan dan membudidayakan hasil hasil bumi lainnya.

Pesatnya teknologi industri mengancam eksistensi pertanian negara kita sehingga menyebabkan bahaya industrialisasi jika tidak dikontrol secara ketat oleh negara terkait perkembangan industri mulai dari Hulu sampai hilir.

Tetapi teknologi juga menjadi jawaban krisis pertanian di negeri ini karena dengan berkembangnya teknologi pertanian,maka semakin mudah juga petani untuk mengembangkan akses budidaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal,itupun harus didukung oleh harga hasil budidaya yang tidak merugikan petani.

Teknologi tersebut juga merubah cara pandang generasi muda saat ini,jika dulu syarat menjadi petani harus mempunyai sawah,maka saat ini persepsi tersebut tidak selamanya benar karena banyak petani muda yang memanfaatkan lahan kosong sekitar rumah untuk dijadikan lahan budidaya.

Ketika pertanian tidak dijaga dan diinginkan oleh generasi muda maka jangan heran kalau nantinya lahan lahan sawah akan berubah menjadi pabrik atau lokasi industri yang berdiri kokoh diatas area persawahan petani.

Baca Juga :  7 Cara Bisnis yang Bisa Dijalankan untuk Mendapatkan Uang Cepat

Untuk menambah Minat generasi muda dalam pertanian, kita akan mengulas beberapa bisnis menjanjikan dan memiliki prospek yang sangat bagus jika dikerjakan dengan konsisten dan berkelanjutan.

Berikut kami jelaskan beberapa bisnis yang bisa dilakukan di zaman modern sekarang ini.

 1. Bisnis Bibit dan Pupuk

Kesuksesan dalam budidaya ditentukan oleh bibit yang ditanam agar menghasilkan hasil yang maksimal,oleh sebab itu diperlukan penelitian yang serius agar bisa mendapatkan kualitas bibit agar mampu bersaing dengan bibit impor atau pabrikan.

Teknologi sangat terbuka memberikan informasi tentang banyak hal,termasuk dalam dunia pertanian mulai dari Hulu sampai hilir.

Media sosial youtube,group Facebook merupakan tempat yang bagus untuk belajar karena informasi yang disajikan di dalamnya sangat bagus,kesuksesan akan terwujud jika mau memulai dengan syarat jangan takut gagal.

Petani tidak akan merasa rugi membeli bibit yang harganya lebih murah tetapi kualitas tidak kalah dengan produk pabrik,dan petani juga akan menilai apakah bibit tersebut layak atau tidak untuk ditanam pada periode tanam selanjutnya.

Kelangkaan Pupuk juga menjadi peluang karena Pupuk juga menjadi penentu kualitas pertumbuhan tanaman budidaya.

Jika bisa membuat Pupuk bagus dengan harga yang rendah,maka bisa dipastikan petani tidak akan ragu untuk membeli produk pupuk tersebut

 2. Menjual Olahan Hasil pertanian

Baca Juga :  Innovations in Business Models: Disruptive Technologies and Emerging Trends

Banyak petani yang menjual hasil budidaya nya dalam bentuk mentah atau belum diolah,misalnya petani tomat hanya menjual tomat kepada tengkulak,jadi harga yang didapatkan cenderung rendah.

Berbeda jika tomat diolah menjadi saus atau sambal dan dijual dalam bentuk kemasan maka hasil yang didapatkan menjadi maksimal tetapi dengan proses yang agak panjang juga.

Peluang ini bisa menjadi point penolong untuk meningkatkan harga beli bahan kepada petani dengan memberi harga diatas harga tengkulak.

 3. Bisnis alat dan sarana pertanian

Teknologi juga membuka pasar yang sangat lebar,jadi siapa yang tidak bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi maka mereka akan tertinggal dan tenggelam dimakan zaman.

Semua orang bisa memberi barang tanpa harus datang ke toko yang menjual barang karena proses pembelian bisa dilakukan secara online.

Maka peluang itu bisa dimanfaatkan secara baik dengan membeli alat dan sarana pertanian dan dijual kepada petani yang membutuhkan.

Selain membantu petani,keuntungan materi akan didapat dari proses jual beli sarana pertanian tersebut.

Atau kalau memungkinkan bisa membuat alat pertanian sendiri dengan kualitas yang bagus dan bermanfaat bagi petani yang menjalani proses budidaya.

Masih banyak lagi bisnis didunia pertanian yang memiliki prospek masa depan yang sangat bagus dan peluang pasarnya sangat baik asalkan kita mau mencoba dan menguji kualitas yang akan dijual pada  petani

Penulis : roni

Editor : van

Berita Terkait

Pemdes Puger Wetan Kecamatan Puger Resmikan Pasar Tradisional KAROMA
7 Cara Mudah Mencari Uang di Era Digital
7 Cara Bisnis yang Bisa Dijalankan untuk Mendapatkan Uang Cepat
Contoh Usaha Dengan Modal Kecil
Tips Mengembangkan Usaha Agar Cepat Sukses Big Profit
Cara Mengatur Whatsapp Bisnis Agar Bisa Profit Banyak
Wednesday Addams Musim Pertama | Teaser Resmi | Netflix
Innovations in Business Models: Disruptive Technologies and Emerging Trends
Berita ini 77 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 6 November 2023 - 09:28 WIB

Pemdes Puger Wetan Kecamatan Puger Resmikan Pasar Tradisional KAROMA

Minggu, 5 November 2023 - 22:34 WIB

7 Cara Mudah Mencari Uang di Era Digital

Jumat, 27 Oktober 2023 - 02:24 WIB

7 Cara Bisnis yang Bisa Dijalankan untuk Mendapatkan Uang Cepat

Sabtu, 7 Oktober 2023 - 09:44 WIB

Contoh Usaha Dengan Modal Kecil

Senin, 2 Oktober 2023 - 09:45 WIB

Tips Mengembangkan Usaha Agar Cepat Sukses Big Profit

Senin, 2 Oktober 2023 - 09:13 WIB

Cara Mengatur Whatsapp Bisnis Agar Bisa Profit Banyak

Sabtu, 22 Juli 2023 - 10:01 WIB

Bisnis Pertanian Kreatif Bagi Generasi Muda

Rabu, 29 Maret 2023 - 05:10 WIB

Wednesday Addams Musim Pertama | Teaser Resmi | Netflix

Berita Terbaru