Cara Bangkit Dari Keterpurukan dan Titik Terendah Dalam Hidup

- Penulis

Sabtu, 22 Juli 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Roda kehidupan terkadang membawa kita pada kondisi yang tidak kita kehendaki karena merasa apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan kenyataan.

Rencana yang bagus dengan gambaran hasil yang akan diperoleh seakan membawa kebanggan tersendiri meskipun itu hanya dalam tahap perencanaan dan estimasi hasil.

Atau mungkin dalam suatu waktu terjebak dalam peristiwa yang sangat merugikan apalagi itu bukan karena kesalahan kita sendiri dan kita terpaksa harus menanggungnya tentu itu akan berdampak pada psikologis yang sangat menyedihkan.

Pada saat saat seperti itulah kita akan merasa berada di posisi terendah hidup yang memungkinkan kita kehilangan arah tanpa tahu harus melangkah kemana dan berbuat apa.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika berada dalam posisi terendah dalam hidup diantaranya:

1. Introspeksi Diri

Untuk mengetahui seberapa besar kelebihan dan kekurangan selama kita hidup maka yang harus dilakukan adalah dengan instrospeksi diri,pahami dan koreksi semua pengalaman hidup yang sudah dilalui.

Jika sudah memahami apa yang sebenarnya menjadi kelemahan dan kekuatan kita dalam menjalani hidup,cepat cepatlah memperbaiki semua kekurangan dan kelemahan serta membangkitkan lagi kekuatan kekuatan lain yang menjadi potensi diri sendiri.

Tanamkan pada diri sendiri bahwa semua yang terjadi adalah sebuah proses dalam pendewasaan sebagai bekal dalam perjalanan hidup kedepannya.

2. Jangan Gegabah

Disaat posisi terpuruk,kita jangan terburu buru dalam mengambil dan menentukan sikap karena disaat posisi terendah,kita akan menjadi orang yang sangat sensitif terhadap segala sesuatu hal yang bersinggungan dengan posisi kita saat itu.

Baca Juga :  Setelah 5 Bulan Hilang Warga di Jember Temukan Kendaraanya Lewat Aplikasi ILMU Semeru

Sebaiknya dewasalah untuk menerima semua hal yang hadir tanpa harus menilai karena psikologis manusia akan cenderung labil disaat terpuruk,semua terasa campur aduk,hal yang tidak sesuai akan dianggap sebagai pengganggu.

Jangan sampai terpancing emosi agar situasi tidak semakin rumit dengan tingkah konyol yang seharusnya tidak perlu dilakukan,tampung semua hal yang ada pada saat kondisi kita dibawah setelah itu tentukan sikap dan keputusan ketika situasi tenang dan pikiran kembali jernih.

3. Jadikan Hikmah

Semua yang dianggap manusia sebagai hal yang jelek ternyata itu tidak selamanya jelek karena kita sebagai manusia tidak akan pernah mengerti maksud dan tujuan dari apa yang terjadi dan dialami,terkadang kita menganggap sesuatu itu jelek dan merugikan,padahal dalam beberapa waktu kedepannya bisa mendatangkan keuntungan.
Dengan mengambil hikmah yang terjadi maka kita akan mempunyai satu modal untuk bangkit lebih kuat dan matang dalam mengambil sikap.

Jika pada saat ini anda masih sulit mencerna semua yang ada karena permasalahan dan persoalan yang dialami,tetapi jangan lupa mengambil satu hal yang bisa dipetik sebagai makna hidup.
Pelajari hikmah tersebut kemudian jadikan Hikmah tersebut sebagai tenaga baru untuk bangkit dan berdiri lebih kuat dari pada sebelumnya.

4. Terus Mencoba Bangkit

Perilaku untuk mencoba dan terus mencoba akan membuat proses bangkit dari titik terendah dalam hidup akan semakin lebih cepat.

Baca Juga :  Cara Merawat Muka Berjerawat & Menghilangkan Bekasnya

Jika masih tejadi kegagalan dan berada di posisi terbawah,maka hanya ada satu kata yang bisa dilakukan yakitu BANGKIT.

Meskipun banyak kemungkinan nantinya akan kembali jatuh, tapi setidaknya sudah melakukan kemajuan dalam kehidupan dengan mau mencoba dan mengambil sikap dan menentukan langkah baru untuk terus ke melangkah ke masa depan.

5. Banyak Membaca

Membaca adalah jawaban yang paling mujarap ketika ditanya apa saja yang harus dilakukan ketika kita terjebak dalam posisi hidup yang terpuruk dan menyedihkan.

Jangan sampai keterpurukan membuat kita menyendiri tanpa arti apalagi melamun tanpa ada pikiran,karena bisa menyebabkan kesurupan dirasuki mahluk halus,,just kidding gaes..

Banyak orang menulis buku karena pengalaman hidupnya yang dikaryakan dalam bentuk buku,tujuannya adalah untuk dijadikan inspirasi bagi orang orang yang pernah berada dengan posisi yang sama dengan penulis.

Carilah buku yang sesuai dengan permasalahan anda,kemudian pelajari dan pahami secara teliti sebagai bekal dalam menentukan sikap dan memperoleh kemudahan dalam mencari jawaban hidup.

Hidup yang layak adalah hidup yang diperjuangkan dengan baik agar tidak terjebak dalam kesulitan dan persoalan hidup yang rumit.

Meskipun kondisi yang sedang anda hadapi saat ini sangat rumit,sulit dan bercampur aduk,tetap yakin saja bahwa anda akan mampu menghadapi dan mengatasinya dengan hati yang tenang serta cara yang sederhana.

Penulis : cing

Editor : van

Berita Terkait

Daftar Game Slot Gampang Maxwin Hari Ini
Slot Mahjong Ways Terbaru 2024 Modal 50K Maxwin Hingga 100JT
Prabowo – Gibran Datang di Posisi Debat
7 Tips Perawatan Wajah Secara Alami Agar Kulit Sehat dan Segar
Proses Jual Beli Rumah Secara Tunai
Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang Aman
Bersiap Hadapi Pemilu 2024: PANWASLUCAM Gumukmas Akan Rekrut 270 Pengawas TPS
BENDA-BENDA YANG HARUS DIBAWA SAAT TRAVELLING
Berita ini 106 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:20 WIB

Daftar Game Slot Gampang Maxwin Hari Ini

Senin, 8 Januari 2024 - 14:13 WIB

Slot Mahjong Ways Terbaru 2024 Modal 50K Maxwin Hingga 100JT

Minggu, 7 Januari 2024 - 19:51 WIB

Prabowo – Gibran Datang di Posisi Debat

Sabtu, 6 Januari 2024 - 09:45 WIB

7 Tips Perawatan Wajah Secara Alami Agar Kulit Sehat dan Segar

Rabu, 3 Januari 2024 - 09:39 WIB

Proses Jual Beli Rumah Secara Tunai

Rabu, 3 Januari 2024 - 09:14 WIB

Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang Aman

Sabtu, 30 Desember 2023 - 10:23 WIB

Bersiap Hadapi Pemilu 2024: PANWASLUCAM Gumukmas Akan Rekrut 270 Pengawas TPS

Kamis, 28 Desember 2023 - 06:51 WIB

BENDA-BENDA YANG HARUS DIBAWA SAAT TRAVELLING

Berita Terbaru