Memahami Cara Kerja Physical Sunscreen: Perlindungan Matahari yang Tangguh

- Penulis

Kamis, 23 November 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Perlindungan dari paparan sinar matahari adalah langkah kunci dalam menjaga kesehatan kulit. Sinar ultraviolet (UV) dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

Salah satu cara untuk melindungi kulit dari sinar UV adalah dengan menggunakan sunscreen, dan salah satu jenis sunscreen yang umum digunakan adalah physical sunscreen.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam cara kerja physical sunscreen, mengapa jenis sunscreen ini efektif, dan beberapa tips dalam penggunaannya.

Apa itu Physical Sunscreen?

Physical sunscreen, yang juga dikenal sebagai sunscreen mineral atau sunblock, berbeda dari jenis sunscreen lainnya, yaitu chemical sunscreen. Physical sunscreen bekerja dengan cara menciptakan penghalang fisik di atas kulit untuk memantulkan sinar matahari.

Bahan aktif utamanya terdiri dari mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide. Kelebihan utama dari physical sunscreen adalah bahwa mereka mulai melindungi kulit segera setelah diterapkan, sementara chemical sunscreen membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit sebelum memberikan perlindungan maksimal.

Cara Kerja Physical Sunscreen

1. Refleksi Sinar Matahari

Cara utama physical sunscreen bekerja adalah dengan meredam atau memantulkan sinar matahari. Partikel-partikel mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide yang terkandung dalam sunscreen ini berfungsi sebagai cermin kecil yang memantulkan sinar UV jauh dari kulit.

Hal ini bisa membantu mencegah sinar UV mencapai lapisan kulit yang lebih dalam dan menyebabkan kerusakan pada kulit.

Baca Juga :  RSD Balung berpartisipasi aktif dalam Jember Fashion Carnaval 2023

2. Perlindungan Luar Biasa

Physical sunscreen cenderung memberikan perlindungan luas terhadap sinar UVB dan UVA. Sinar UVB adalah penyebab utama dari sunburn, sementara sinar UVA dapat menyebabkan penuaan kulit dan kontributor utama terhadap risiko kanker kulit. Dengan menciptakan penghalang fisik, physical sunscreen mampu menangkap dan memantulkan kedua jenis sinar matahari ini.

3. Tidak Menimbulkan Reaksi Kimia di Kulit

Keuntungan lain dari physical sunscreen adalah bahwa mereka tidak menyebabkan reaksi kimia di kulit. Beberapa orang mungkin memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap bahan kimia tertentu yang digunakan dalam chemical sunscreen. Dengan menggunakan physical sunscreen, risiko reaksi alergi dapat dikurangi karena bahan-bahan mineral yang lebih sederhana.

4. Tahan Lama di Kulit

Physical sunscreen juga cenderung lebih tahan lama di kulit. Mereka tidak mudah terhapus oleh keringat atau air, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk berbagai aktivitas luar ruangan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kembali sunscreen tetap diperlukan setiap dua jam sekali, atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat secara intensif.

Tips Penggunaan Physical Sunscreen

  1. Aplikasikan dengan Merata: Pastikan Anda mengaplikasikan physical sunscreen dengan merata di seluruh wajah dan bagian tubuh yang terpapar sinar matahari.
  2. Gunakan Cukup Jumlah: Menggunakan jumlah yang cukup sunscreen adalah kunci untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Direkomendasikan untuk menggunakan setidaknya satu sendok teh untuk wajah dan satu ons untuk tubuh.
  3. Gunakan Sebelum Beraktivitas di Luar Ruangan: Terapkan physical sunscreen sekitar 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan untuk memberikan waktu bagi sunscreen untuk menempel dengan baik di kulit.
  4. Pilih Produk dengan SPF yang Tepat: Pastikan Anda memilih physical sunscreen dengan Sun Protection Factor (SPF) yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. SPF 30 atau lebih tinggi direkomendasikan untuk perlindungan yang lebih baik.
  5. Penggunaan Ulang Secara Teratur: Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang physical sunscreen setiap dua jam sekali atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat secara intensif.
Baca Juga :  Puncak Acara HUT RI ke 78 Pemdes Cakru Gelar Karnaval Budaya

Kesimpulan

Physical sunscreen adalah pilihan yang efektif untuk melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan chemical sunscreen. Dengan menciptakan penghalang fisik, physical sunscreen mampu memantulkan sinar UV dan memberikan perlindungan yang luas.

Penting untuk menggunakan physical sunscreen dengan benar dan secara teratur untuk mendapatkan manfaat perlindungan kulit yang optimal.

Dengan pemahaman yang baik tentang cara kerja physical sunscreen dan penggunaan yang tepat, kita dapat menikmati kegiatan di luar ruangan tanpa khawatir tentang kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Berita Terkait

Daftar Game Slot Gampang Maxwin Hari Ini
Slot Mahjong Ways Terbaru 2024 Modal 50K Maxwin Hingga 100JT
Prabowo – Gibran Datang di Posisi Debat
7 Tips Perawatan Wajah Secara Alami Agar Kulit Sehat dan Segar
Proses Jual Beli Rumah Secara Tunai
Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang Aman
Bersiap Hadapi Pemilu 2024: PANWASLUCAM Gumukmas Akan Rekrut 270 Pengawas TPS
Cara Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat
Berita ini 35 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:20 WIB

Daftar Game Slot Gampang Maxwin Hari Ini

Senin, 8 Januari 2024 - 14:13 WIB

Slot Mahjong Ways Terbaru 2024 Modal 50K Maxwin Hingga 100JT

Minggu, 7 Januari 2024 - 19:51 WIB

Prabowo – Gibran Datang di Posisi Debat

Sabtu, 6 Januari 2024 - 09:45 WIB

7 Tips Perawatan Wajah Secara Alami Agar Kulit Sehat dan Segar

Rabu, 3 Januari 2024 - 09:39 WIB

Proses Jual Beli Rumah Secara Tunai

Rabu, 3 Januari 2024 - 09:14 WIB

Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang Aman

Sabtu, 30 Desember 2023 - 10:23 WIB

Bersiap Hadapi Pemilu 2024: PANWASLUCAM Gumukmas Akan Rekrut 270 Pengawas TPS

Kamis, 28 Desember 2023 - 19:44 WIB

Cara Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat

Berita Terbaru